Wisata Berbasis Masyarakat di Kaligesing Semakin Berkembang

Konsultan Pariwisata-Pariwisata berbasis masyarakat di Kecamatan Kaligesing semakin berkembang. Sejumlah kelompok masyarakat di Desa Tlogoguwo, Kaligono serta Somongari mengembangkan kawasan menjadi tujuan wisata secara mandiri. Masyarakat Tlogoguwo mengembangkan potensi wisata berbasis peternakan kambing Peranakan Etawa Kaligesing, pemerintah Kaligono memasarkan objek Curug Siklotok dan agrowisata, sedangkan Somongari pariwisata budaya serta pendidikan. “Kami menilai ada potensi yang bisa dikembangkan, daripada lama menunggu pemerintah, lebih baik inisiatif sendiri mengembangkannyan,” ucap M Sutono, pengelola objek Kampung Ternak Etawa Tlogoguwo, kepada KRjogja.com, Rabu (12/2/2014).

Sutono membangun kawasan peternakan dilengkapi ruang pertemuan dan praktik budidaya kambing. Untuk melengkapi, dibangun juga kolam renang dengan latar belakang Curug Lawing dan Gua Anjani.

Menurutnya, pengembangan objek tersebut menggunakan dana dan di atas tanah milik pribadi. “Ide itu sudah lama, lalu coba diterapkan dan ternyata mulai membuahkan hasil. Kolam renang dikunjungi hingga 50 orang setiap hari dan kebanyakan siswa yang sedang pelajaran olahraga. Kami berencana mengembangkan kawasan ternak menjadi tujuan wisata yang lebih lengkap,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *