Wisata Andalan Tak Capai Target

Penelitian Konsultan Pariwisata-Taman Margasatwa Semarang atau yang dikenal dengan nama Bonbin Mangkang digadang-gadang sebagai tempat wisata unggulan di Kota Semarang. Tapi pendapatan tempat wisata ini ternyata masih belum bisa memuaskan Pemkot Semarang. Bonbin yang berlokasi di perbatasan Semarang bagian barat itu tidak mampu memenuhi target pemasukan pada tahun 2013. Hal ini sangat kontradiktif dengan data di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang yang menyebutkan Bonbin Mangkang sebagai obyek favorit yang dikunjungi wisatawan. Kepala UPTD Bonbin Mangkang Kusyanto mengakui, target pemasukan pada tahun lalu belum bisa tercapai. Tingkat kunjungan memang tinggi, utamanya saat hari-hari libur. Namun jumlah pengunjung yang datang belum mampu menutup target pendapatan. ”Masih kurang Rp 150 juta dari target Rp 2,8 miliar,” katanya.

Walaupun target 2013 tidak terpenuhi, namun ia optimistis bisa menutup target 2014 yang mengalami peningkatan 12,5 persen atau menjadi Rp 3,1 miliar. Menurutnya, penambahan wahana baru diyakini bisa mendongkrak jumlah pengunjung. Pada akhir Desember 2013, Bonbin Mangkang punya wahana baru, yakni museum satwa. Selain itu, pada tahun ini juga akan ada penambahan wahana permainan anak. ”Mudah-mudahan bisa terealisasi di tahun 2014, sehingga bisa meningkatkan kontribusi Bonbin Mangkang terhadap PAD,” urainya.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Giarsito Sapto Putratmo, Bonbin Mangkang menjadi tempat favorit tujuan wisatawan, khususnya untuk pengelolaan yang dilakukan pemerintah. ”Lawangsewu menjadi kawasan wisata heritage yang paling banyak dituju. Kalau untuk wisata religi, Masjid Agung Jawa Tengah masih jadi favorit,” katanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *