Wali Kota Pangkalpinang Jadikan Ceng Beng Pusat Pariwisata 2015

Wali Kota Pangkalpinang M Irwansyah berencana menjadikan Ceng Beng menjadi pusat pariwisata pada tahun 2015.”Nantinya akan ada Visit Pangkalpinang 2015 khususnya Ceng Beng,” kata Irwansyah.Pada penutupan perayaan Ceng Beng atau sembahyang kubur yang jatuh pada Sabtu (5/4/2014). Peziarah terlihat ramai di Pemakaman Sejahtera Sungailiat pada subuh hari. Pantauan di lapangan pukul 04.00 WIB areal Pemakaman Sejahtera sudah ramai didatangi warga Tionghoa. Berbagai jenis kendaraan hilir mudik di sana. Anggota Polres Bangka juga ditempatkan untuk melakukan pengamanan dan mengatur arus lalulintas.

Sejumlah perempuan berjilbab juga ikut hadir di sana, hanya saja mereka tampak hanya bersih-bersih makam tanpa ikut prosesi sembahyang kubur.

Menurut Pengurus Yayasan Sejahtera Sungailiat Co Mat, memang banyak warga keturunan Tionghoa memeluk agama lain selain Khonghucu, termasuk menjadi muallaf atau memeluk agama Islam. Sebagian mereka ini tetap pulang kampung saat Ceng Beng berkumpul bersama keluarga besar.

“Kebanyakan warga keturunan kita menganggap ini sebagai tradisi budaya sehingga merasa kurang jika tidak mendatangi makam leluhurnya walaupun telah memeluk agama lain,” kata Comat.

Mereka yang hadir berziarah di Pemakaman Sejahtera juga tak hanya datang dari penjuru Pulau Bangka, namun dari berbagai daerah di Indonesia. Di antaranya datang dari luar negeri karena telah menetap disana. Mereka sengaja pulang kampung sekedar mengikuti perayaan Ceng Beng sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur mereka.

“Tahun lalu kami tidak bisa pulang, jadi tahun ini pulang ke Bangka untuk ikut Ceng Beng,” kata A Yin yang menetap di Singapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *