Taman Wisata Nusa Penida, Surga bagi Para Penyelam

Penelitian Pariwisata | Konsultan Pariwisata – Bukan hanya dikenal sebagai kawasan cleaning station ikan mola-mola (sun fish), yang dikenal sebagai simbol Kabupaten Klungkung, namun Nusa Penida juga merupakan surga bagi para penyelam.  Seperti dikatakan Menteri Perikanan dan Kelautan, kawasan ini memiliki banyak spot untuk memanjakan wisatawan selam. “Terdapat lebih dari 20 titik lokasi penyelaman, dengan beberapa lokasi penyelaman favorit seperti Crystal Bay, Manta Point, Ceningan Wall, Blue Corner, SD-ental, Mangrove-Sakenan, Gemat Bay, dan Batu Abah,” kata Sharif C. Sutardjo, Menteri Perikanan dan Kelautan dalam rilis yang diterima redaksi Senin, 9 Juni 2014.

Dirinya menambahkan, selain menjadi salah satu destinasi wisata bahari populer, kawasan ini juga memiliki kawasan  pemanfaatan kawasan konservasi untuk berbagai kegiatan, seperti pusat penelitian, pelatihan, pendidikan lingkungan, bisnis, pariwisata, dan pemberdayaan ekonomi  masyarakat.

Belum lagi, katanya, kawasan ini menjadi pilot project pengelolaan kawasan yang efektif, berbagai dukungan dan fasilitasi telah dikembangkan, misalnya untuk mendukung implementasi rencana zonasi dan rencana pengelolaan, rencana bisnis wisata bahari, penguatan kelembagaan pengelola, penanaman mangrove, rehabilitasi terumbu karang, pembuatan pusat dan papan informasi, percontohan diving site, percontohan pemanfaatan perikanan, budidaya rumput laut, pemberdayaan masyarakat, serta berbagai upaya pemanfaatan ekonomi berbasis konservasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *