Studi Potensi Kampung Wisata Kota Yogyakarta

Yogyakarta dengan berbagai macam potensi yang dimilikinya semakin berbenah untuk menyesuaikan diri dengan minat pasar wisatawan, sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menambah daya tarik wisata yang telah ada berupa pengembangan potensi Kampung Wisata. Kampung wisata ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan desa wisata, hanya posisinya yang berada di tengah kota.

Kampung Wisata didefinisikan sebagai kampung yang memilki keunikan  dan daya tarik yang khas, baik berupa karakter fisik lingkungan alam maupun kehidupan sosial budaya kemasyarakatan yang dikola dan dikemas secara menarik dan alami, disesuaikan dengan pengembangan fasilitas pendukung wisatanya dalam suatu tata lingkungan yang harmonis dan pengelolaan yang baik dan terencana  sehingga siap menerima wisatawan dan menggerakan pola ekonomi masyarakat setempat.

Sedangkan prinsip pengembangan kampung wisata adalah sebagai swalah satu produk wisata alternatif yang dapat memberikan dorongan bagi pembangunan kampung yang berkelanjutan dan memiliki prinsip pengelolaan antara lain: memanfaatkan sarana dan prasarana masyarakat setempat; menguntungkan masyarakat setempat; berskala kecil untuk memudahkan terjalinnya hubungan timbal balik dengan masyarakat setempat; melibatkan masyarakat setempat dan menerapkan pengembangan produk wisata yang ada dikampung yang bersangkutan.

penelitian pariwisata kampung wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *