Studi Potensi Kampung Wisata Kota Yogyakarta: Kampung Wisata di Kota Yogyakarta Lebih Cenderung Melekat Pada Daya Tarik Budaya dan Historis

87216_terowongan_bawah_tanah_yang_berada_di_komplek_wisata_tamansari__yogyakarta_663_382Keberadaan kampung wisata di Yogyakarta cukup menarik untuk dikunjungi dan dilihat meskipun secara umum keberadaan kampung wisata masih perlu terus dikembangkan, Terminologi kampung wisatapun sebenarnya merupakan pengembangan dari terminologi desa wisata. Dari hasil Studi Potensi Kampung wisata di Kota Yogyakarta yang dilakukan oleh PT. Kirana Adhirajasa Indonesia bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Yogyakarta yang lalu, dapat diketahui bahwa aspek budaya dan historis sangat melekat kepada perkembangan kampung wisata. Beberapa kampung wisata yang tidak memiliki potensi budaya dan historis aktivitas wisatanya pun tidaklah terlalu maksimal dibandingkan dengan kampung wisata yang memiliki kekuatan budaya dan historis.

Meskipun demikian terdapat kesamaan daya tarik yang dimiliki oleh setiap kampung wisata namun masing-masing kampung tersebut tetap memiliki ciri khas yang membedakan satu kampung dengan kampung lainnya. Pengemasan atraksi wisata di kampung wisata menjadi sangat penting bagi pengelola kampung wisata, mengingat perkembangan masyarakat perkotaan yang begitu cepat. Disisi pemerintahpun perlu sedikit serius menggarap kampung wisata ini agar dapat secara maksimal dikembangkan. (GH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *