Sleman Raih Penghargaan Best Performance Bidang Pariwisata

Di penghujung tahun 2013 ini, Kabupaten Sleman berhasil meraih satu penghargaan bergengsi di bidang pariwisata. Sleman menyabet gelar Best Performence untuk kategori kabupaten dalam ajang Travel Club Tourism Award (TCTA) 2013. Adapun penghargaan ini diserahkan langsung oleh Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Firmansyah Rahim di Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, belum lama ini. Sementara dari Kabupaten Sleman, penghargaan diterima oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman AA Ayu Laksmidewi.

Berdasarkan rilis yang diterima tribunjogja.com, penghargaan Travel Club Tourism Award (TCTA) 2013 ini merupakan penghargaan yang diselenggarakan oleh Majalah Travel Club bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Penjurian dilaksanakan secara obyektif dan independen oleh tim penilai yang kompeten di bidangnya. Pelaksanaan tahun 2013 merupakan pelaksanaan yang ketiga kalinya. Sementara tujuan diselenggarakannya Penghargaan Travel Club Tourism Award (TCTA) 2013 ini yaitu untuk memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah (provinsi, kota dan kabupaten) yang memiliki komitmen tinggi untuk membina kepariwisataan daerah masing-masing.

Adapun aspek penilaian Travel Club Tourism Award (TCTA) meliputi Tata Pamong, Lingkungan Pariwisata, Industri Kreatif, Pemberdayaan Masyarakat dalam Kepariwisataan, Perkembangan Ekonomi. Kategori penghargaan secara berurutan meliputi Best Performance, Most Improvement, Most Creativity dan Best Achievement.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman AA Ayu Laksmidewi menjelaskan, bahwa Kabupaten Sleman juga telah memperoleh penghargaan yang serupa, yaitu Travel Club Tourism Award (TCTA) 2011 sebagai Best Performance pada September 2011. Dengan demikian perolehan untuk yang kedua kalinya sebagai Best Performance dalam ajang tersebut pada tahun 2013 ini membuktikan bahwa pengelolaan sektor pariwisata di Kabupaten Sleman menunjukkan konsistensi yang tinggi. Ini merupakan suatu kebanggaan dan perlu terus dipertahankan.

Keberhasilan Sleman dalam mengelola dan mengembangkan sektor pariwisata tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi aktif para pelaku dan stake holder pariwisata daerah. Untuk itu pihaknya menyampaikan terima kasih kepada para pengelola destinasi wisata di Kabupaten Sleman dan pihak-pihak lain di antaranya PHRI Sleman, Sleman Travel Agent Forum (STAF), HPI Sleman, PT Taman Wisata, PT Anindya, TNGM, para pengelola desa wisata, dll yang turut bekerja keras demi keberhasilan pengelolaan pariwisata di Kabupaten Sleman.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *