Setiap Tahun 1,87 Miliar Orang Melancong ke Luar Negeri

bangkaPenelitian Pariwisata | RIPPDA-Kawasan Asia Pasifik dan Eropa, sampai saat ini  masih menjadi tujuan favorit turis asing. Tiap tahun di seluruh dunia diperkirakan sekitar 1,87 miliar orang berpergian ke luar negeri untuk berwisata.”Tiap tahun kenaikan jumlah turis di seluruh dunia mencapai sekitar lima persen,” kata tokoh pariwisata yang juga mantan Wamenparekraf Sapta Nirwandar di sela-sela konferensi pers penyelenggaraan HOTELEX di Jakarta, Rabu (29/10/2014).Sementara turis yang datang ke Indonesia baru mencapai 9 juta orang per tahunnya. “Tapi kenaikan jumlah turis yang datang ke Indonesia lebih banyak dibandingkan global yakni 9-10 per tahunnya,” katanya.

Indonesia khususnya maupun kawasan ASEAN menjadi salah satu destinasi yang menjadi pilihan. “Meningkatkan konektivitas karena hadirnya pesawat berbadan lebar serta Ebola di Afrika yang membuat pesawat dibatasi mampu mendorong kunjungan turis ke kawasan ini,” katanya.Ketua PHRI Yanti Sukamdani mengatakan perlunya terobosan yang tidak biasa untuk memenuhi target kunjungan wisatawan asing 20 juta per tahun pada tahun 2019 seperti yang ditargetkan Presiden Joko Widodo.

“Kalau upayanya hanya seperti sekarang ini karena kenaikannya paling banter 9 persen padahal untuk mencapai target minimal kenaikan 13 persen,” tambah Sapta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *