Setelah “Great Jakarta”, Ini Rencana Besar Menteri Pariwisata

Penelitian Pariwisata | Diklat Pariwisata | RIPPDA | RIPOW-

tugu jogjaSetelah mengusulkan ‘Great Jakarta’ sebagai jalan masuk promosi mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) lewat nama Jakarta, Menteri Pariwisata Arief Yahya turut mengutarakan rencana besarnya nanti.“Nanti itu tak hanya ‘Great Jakarta’ tapi ada great yang lainnya juga,” ujarnya ditemui d Taman Wisata Matahari, Selasa (18/11/2014). Rupanya bidikan Arief jatuh pada lima pintu utama yang dinilai menjadi jalan masuk wisman ke Indonesia. “Saat ini ada lima pintu utama wisman, yaitu dari Bali, Jakarta, Batam, Yogyakarta dan Bandung,” tambahnya.

Disebutkan pula olehnya persentase kedatangan wisman dari kota-kota tersebut. Sebanyak 40 persen kedatangan wisman adalah melalui Bali, sedangkan Jakarta mendapat 30 persen, Batam 25 persen. Sedangkan sisanya melalui dua kota yang disebutkannya.

Untuk itu menurut Arief, akan efisien jika destinasi-destinasi wisata ke depannya akan menggunakan brand dengan mendapuk kota-kota tadi sebagai jalan promosi sesuai area.

“Rencana besarnya nanti akan ada 10 Great  tapi saat ini mungkin baru 5. Great Jakarta untuk kawasan Jakarta, Bogor, Jawa Barat bagian Barat dan Banten. Great Bali untuk Bali, Bromo, Banyuwangi, Lombok dan sekitarnya. Great Bandung untuk kawasan Bandung Raya dan Priangan Timur. Begitupun dengan Great Batam dan Great Yogyakarta yang akan mencakup daerah-daerah di sekitarnya,” ulasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *