Selenggarakan Kajian Monitoring Event di Solo

SGSCardBeragam kegiatan seni dan budaya digelar rutin setiap tahun di Kota Surakarta atau Solo, seperti Solo Great Sale, Solo Batik Carnival, Festival Jenang, Solo Menari 24 Jam, Festival Film Solo, Mangkunegaran Performing Art, Solo International Performing Arts, Solo City Jazz, Keraton Art Festival, Solo Film Festival, Konser Gamelan Akbar, dan lainnya. Kegiatan seni dan budaya ini dapat dikelompokkan sesuai dengan kategori dalam MICE. Upaya untuk meningkatkan potensi wisata menunjukkan hasil yang positif. Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara terus meningkat dari tahun 2012 sampai tahun 2016.

Kegiatan seni dan budaya yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Surakarta ini merupakan salah satu strategi pemasaran dan promosi yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata dari wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Selain itu, kegiatan tahunan ini juga merupakan kegiatan untuk meningkatkan image Kota Surakarta di mata nasional maupun internasional. Dengan adanya pemberitaan oleh media massa mengenai rangkaian kegiatan seni dan budaya tersebut merupakan salah satu promosi gratis untuk memperoleh tingkat kunjungan yang lebih lama, sehingga semakin banyak wisatawan baik nusantara maupun mancanegara yang tertarik untuk menyaksikan atau bahkan mengikuti kegiatan tersebut. Banyaknya wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara yang mengunjungi dan menyaksikan kegiatan-kegiatan tersebut dapat memberikan keuntungan bagi pariwisata di Kota Surakarta melalui anggaran belanja yang mereka keluarkan selama berada di Kota Surakarta, sehingga menambah pendapatan daerah Kota Surakarta.

Oleh karena itu, bekerjasama dengan PT. Kirana Adhirajasa Indonesia, Dinas Pariwisata Kota Surakarta, selenggarakan Kajian Pemantauan dan Evaluasi Event Pariwisata yang merupakan suatu proses dalam merencanakan, memperoleh dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan. Kegiatan evaluasi merupakan proses yang sistematis. Evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan supaya Dinas Pariwisata Kota Surakarta sebagai penyelenggara dapat menilai kegiatan yang terlaksana tersebut telah sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *