Sektor Pariwisata Jadi Sektor Bisnis Nomor 1 DI Indonesia

tanjung lesungIndonesia ke depan diharapkan akan sejajar dengan negara-negara yang menjadi pariwisata sebagai sektor unggulan, yakni Italia, Yunani, dan Spanyol. Ketiga Negara maju Eropa tersebut menjadi pariwisata sebagai sektor unggulan dari segi bisnis sehingga bisa menopang perekonomian Negara. Menko Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli, mengungkapkan sektor pariwisata di Indonesia kedepan akan bisa mengalahkan sektor Migas sebagai bisnis unggulan. “Kalau kita semua all uut, dalam 10 tahun kedepan, pariwisata bisa menjadi sektor paling penting di Indonesia,” ujar Rizal di Jakarta, Senin, (25/4).
Langkah-langkah yang ditempuh pemerintah saat ini adalah menerapkan kebijakan bebas visa kunjungan. Selain itu, Rizal menegaskan Indonesia bisa menjadi negara transit untuk penerbangan internasional dimana terdapat 13 juta trafik. Ia mengambil contoh, selama ini pesawat dari Aussie hendak ke China selalu transit di Singapura. Indonesia tidak menjadi tempat pemberhentian sementara lantaran biaya avtur yang mahal dan dan biaya transit yang tinggi.

“Coba kalau 30 persen saja transitnya di Jakarta. Kita bikin yang murah, pelayanannya bagus. Harga Avtur juga akan kita ubah agar kompetitif,” urainya.

Rizal membeberkan, total Januari hingga April, jumlah orang asing masuk Indonesia mencapai 520.000 yang masuk via bebas visa. Dampak paling cepat terlihat di sektor bisnis, dimana banyak Negara yang membawa delegasi bisnis secara masif ke Indonesia untuk melakukan penjajakan bisnis.

“Dua setengah bulan lalu, pebisnis Jepang 1200 datang, dulu hanya 100 orang paling banyak. Delegasi Belgia juga yang dateng lebih dari 350 orang, merupakan delegasi terbanyak sepanjang kunjungan Belgia ke Indonesia. Karena visa bebas, pebisnis jadi gampang datang, tinggal pakai kartu kredit saja,” ujarnya. [ysa]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *