Sadar Kebersihan Cerminan Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Tinjauan Redaksi penelitian pariwisata.com-Berkunjung ke Gunung Kidul saat ini tidak bisa lepas dari berkunjung ke Pantai Indrayanti. Dari sisi pengelolaan daya tarik wisata Pantai Indrayanti ini tergolong bersih dan cantik untuk dilihat dan dinikmati adalah hamparan pasir putih dari satu bukit karang ke bukit karang. Kebersihan pantai pun terlihat sangat dijaga karena jarang terlihat sampah bertebaran. Tampaknya para pengunjung cukup tertib untuk tidak membuat sampah sembarang.

Pantai Indrayanti Beberapa Waktu lalu

Pantai Indrayanti Beberapa Waktu lalu

Dari beberapa sumber yang kami temui memang pantai ini tidak dikelola oleh pemerintah namun dikelola oleh kelompok sadar wisata. Tempat sampahpun dapat kita temukan dengan mudah dipantai ini. Memang terlihat partisipasi masyrakat cukup kuat  untuk pengelolaan pantai. Ketika masyarakat sudah merasa memiliki sebuah daya tarik wisata, secara otomatis mereka akan menjaga kondisi lingkungan. Jika kita berandai-andai semua pantai di DIY, termasuk pantai parangtritis di Bantul kebersihannya seperti pantai indrayanti bisa jadi pantai menjadi primadona wisatawan pada saat berkunjung ke DIY.

payung Pantai-Indrayanti-4

Meskipun demikian, bukan berarti tugas pemerintah menjadi selesai di pantai Indrayanti, beberapa pekerjaan rumah perlu dilakukan. Mulai dari pembenahan infrastruktur jalan di dalam obyek daya tarik sampai dengan yang paling urgent adalah penataan parkir. Tidak kalah penting juga terkait penataan pembuangan air limbah toilet dan tempat bilas yang ada di pinggir pantai. Keberadaan payung-payung di pinggir pantai pun perlu dilakukan penataan, jangan sampai payung-payung tersebut menimbulkan kesan kumuh. Disisi lain, masyarakat pun perlu didorong lebih kuat untuk memiliki mental layanan kepada wisatawan mengingat salah satu poin penting dalam aktivitas kepariwisataan adalah faktor layanan (GH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *