PT Kirana Adhirajasa Indonesia Kerjakan Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Objek Wisata (RIPOW) Waduk Tempuran Kabupaten Blora

 Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Objek Wisata (RIPOW) Waduk Tempuran Kabupaten Blora

WadukTempuranBloraJawaTengah10_zps95401aeaDi tahun 2015, PT Kirana Ahirajasa Indonesia (penelitianpariwisata.com) sedang melakukan Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Objek Wisata (RIPOW) Waduk Tempuran Kabupaten Blora yang dilaksanakan selama 90 hari kerja bekerjasama dengan Bappeda Kabupaten Blora yang dimulai bulan Maret – Mei 2015. Penyusunan RIPOW Waduk Tempuran dimaksudkan untuk dapat memberikan arahan terhadap kegiatan pengembangan pariwisata di Waduk Tempuran dengan memperhatikan aspek pelestarian (konservasi) potensi alam dan nilai-nilai budaya sehingga mampu meningkatkan kinerja pelayanan, pengembangan ekonomi kerakyatan dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).  Dalam penyusunan ini PT Kirana Adhirajasa Indonesia melibatkan 9 Tenaga ahli dan tim teknis yang ditunjuk untuk memperkuat hasil kajian. Secara umum objek wisata Waduk Tempuran adalah Waduk yang mengelilingi Dusun Juwet sehingga terkesan terdapat pulau di tengah waduk. Luas areal sekitar 4.625 Ha yang berfungsi sebagai irigasi, perikanan, dan digunakan sebagai arena berlatih dayung atlet Dayung Blora. Di Kawasan Waduk juga terdapat Waterboom Kampung Bloran dan penginapan. Pangsa pasar yang saat ini digarap lebih kepada pasar Lokal, Regional, Nasional.

Dari sisi embrio kegiatan wisata, Waduk tempuran ini sudah mulai berkembang, sehingga usaha yang dibutuhkan tidak terlampau besar dibandingkan dengan mengembangan daya tarik lainnya. Benih-benih aktivitas wisata mulai bermunculan namun perlu regulasi penataan yang ketat serta pengembangan proyeksi pasar kedepan,mengingat unsur lokalitas di daya tarik ini sangat kental. Potensi yang dimiliki waduk tempuran kedepan masih dapat dikembangkan mengingat pasar sudah mulai melirik daya tarik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *