Program Mina Wisata Padukan Konsep Perikanan dan Pariwisata

Perikanan dan PariwisataKoordinasi lintas sektoral menjadi penting bagi sektor kepariwisataan karena konsep pengembangan pariwisata yang multi facet. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah menginventarisir daftar kabupaten/kota yang mengajukan proposal untuk program pengembangan Mina Wisata.Direktur Pendayagunaan Pulau-pulau Kecil KKP, Rido Batubara, mengatakan program Mina Wisata bertujuan mengembangkan pulau-pulau kecil agar memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat setempat. “Mina Wisata merupakan pengembangan pulau kecil yang dipadukan dengan pariwisata supaya dapat memberikan manfaat pada masyarakat sekitar. Program Mina Wisata konkretnya adalah perpaduan antara perikanan dan pariwisata,” kata Rido di gedung Mina Bahari 3, Jumat (10/1/2013) malam.



Rido mencontohkan program Mina Wisata seperti pembesaran ikan-ikan yang menarik dan bernilai ekonomi. Nantinya, pengunjung bisa memancing ikan-ikan tersebut dan dipungut bayaran.

“Ini meningkatkan ekonomi masyarakat ke depan. Kami sudah inventarisir kabupaten/kota yang mengajukan proposal (Mina Wisata). Ada tiga cluster utama yang penting, yakni Anambas, Raja Ampat, dan Kepulauan Seribu. Tiga cluster itu poin utama untuk mengembangkan Mina Wisata dalam rangka investasi di pulau-pulau kecil,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C. Sutardjo, mengatakan potensi kelautan dan perikanan yang ada di Indonesia sangat besar. Namun menurutnya potensi tersebut belum secara optimal dimanfaatkan. Sehingga meski memiliki kekayaan laut dan hasil perikanan yang besar, masih banyak masyarakat pesisir, nelayan, pembudidaya dan pengolah hasil perikanan yang masih tergolong masyarakat miskin.

“Tugas kita bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan bidang kelautan dan perikanan melalui program industrialisasi kelautan dan perikanan serta meningkatkan nilai tambah produk perikanan yang pada akhirnya akan meningkatkan ekonomi masyarakat kelautan dan perikanan,” kata Sharif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *