Penyusunan Pedoman Penyelenggaraan Homestay Daerah Istimewa Yogyakarta 2015 Rekomendasikan Standar Usaha Homestay

home stayLaporan akhir Pedoman Penyelenggaran Homestay di DIY merekomendasikan Pedoman Penyelenggaraan Homestay di DIY yang meliputi aspek Produk, Pengelolaan dan Layanan serta beberapa hal sebagai berikut:

  1. Konsep Homestay di DIY merupakan suatu jenis akomodasiyang terintegrasi dengan kawasan desa wisatayang disewakan dan tinggal bersama dengan pemilik rumah dan memberikan kesempatan kepada tamu untuk berinteraksi dalam kehidupan sehari – hari pemiliknya termasuk aktivitas keluarga. Homestay tersebut berupa rumah penduduk setempat dapat dijadikan tempat untuk menginap bagi para pengunjung dengan memenuhi persyaratan untuk dijadikan sebagai Homestay rumah tinggal, dengan memperhatikan hygiene, sanititasi dan keselamatan kerja serta tetap memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.
  2. Aspek produk Homestaymeliputi fungsi bangunan, rumah tinggal, parkir, penanda arah, ruang tamu, kamar mandi diluar dan kamar mandi dalam, kamar tidur, ruang makan/ruang keluarga, gudang, dan dapur.
  3. Aspek dan jenis layanan Homestaymeliputi  area kantor, tata graha ruang makan/layanan makan minum, keamanan dan kesehatan.
  4. Aspek pengelolaan Homestay di desa wisata meliputi unsur manajemen,  program pemeliharaan bangunan, keamanan dan keselamatan, serta sumber daya manusia
  5. Kepuasan wisatawan diperoleh melalui kuesioner/guest comment terkait dengan pelayanan

Download Pedoman Penyelenggaraan Homestay Daerah Istimewa Yogyakarta 2015

Pedoman Penyelenggaraan Homestay Di Diy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *