Pengembangan Pariwisata Butuh Apresiasi

Penelitian Pariwisata | RIPPDA -Indonesia memiliki potensi wisata yang luar biasa. Pengembangan itu tentu membutuhkan kreatifitas dan apresiasi. Guru Besar Universitas Sahid Jakarta Program Pascasarjana Budiarto Subroto mengatakan, saat ini pariwisata berada di posisi empat sumber pendapatan negara. “Targetnya jelas, pariwisata menyumbang pendapatan negara nomor dua,” kata dia saat ditemui di Jakarta, Senin (9/6). Salah satu bentuk apresiasi yang dimaksud dengan menggelar ajang penghargaan. Dengan begitu akan terlihat seperti apa daerah, provonsi, kota atau kabupaten yang berprestasi dalam pembangunan, pengembangan dan pembinaan pariwisata.

Travel Club Tourisme Award misalnya. Penghargaan ini mampu mendorong pesertanya melakukan improvisasi dalam pembangunan pariwisata. Ini terbuki, semakin banyak peserta yang mengikuti ajang ini.

“Memasuki tahun keempat penyelenggaraan, kami konsisten ingin mengapresiasi gubernur, wali kota, dan bupati yang mendorong bertumbuhnya pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga memberikan manfaat lebih bagi masyarakat setempat,” ujar Ketua Penyelenggara Travel Club Tourism Awards 2014, Johnnie Sugiarto.

Menurut Johnnie, pihaknya telah mengirimkan form ke seluruh daerah untuk mengajak pemerintah daerah berpartisipasi. Pendaftaran untuk mengikuti TCTA telah dibuka sejak 1 Mei hingga 20 Juni mendatang. Nantinya, pengumuman para pemenang award dilaksanakan pada 7 September mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *