Pengembangan Pariwisata: Aksesibilitas Jadi PR Besar Pemerintah

WadukTempuranBloraJawaTengah10_zps95401aeaKetua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia Didin Junaidi menyatakan pekerjaan rumah pemerintah masih banyak untuk dapat mencapai ranking 30 besar pariwisata dunia.PR terbesar salah satunya adalah masalah aksesibilitas dan infrastruktur sebab Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat besar. Didin berujar banyak destinasi Indonesia yang punya kekayaan alam dan budaya menarik namun sulit dijual kepada turis karena sulitnya akses ke lokasi tersebut.Dia mencontohkan Kepulauan Anambas di Kepri maupun destinasi di belahan timur Indonesia yang memiliki pesona alam sangat menakjubkan dengan budaya yang juga menarik. Sayangnya penerbangan ke lokasi tersebut masih sangat sedikit.

“Lokasinya bagus tetapi tidak ada pesawat ke sana, atau jumlahnya sangat terbatas,” kata Didin kepada Bisnis, Senin (8/6/2015).

Khusus untuk daerah Anambas, kata dia, jika pemerintah serius untuk mempromosikan kawasan tersebut, maka harus segera menyiapkan akses transportasi.

Sejauh ini pembangunan bandara di sana ditargetkan rampung dalam dua tahun ke depan.

“Untuk sementara ini pemerintah dapat kerja sama dengan perusahaan swasta yang memiliki landasan pesawat di sana untuk memperkenankan agar pesawat komersil bisa masuk. Dengan demikian turis bisa lebih mudah mencapai destinasi wisata tersebut,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *