Pemkot Papua Dorong Pengembangan Pariwisata

Penelitian Pariwisata | Diklat Pariwisata-Pemerintah Kota Jayapura, Papua, terus mendorong pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di daerah itu, salah satunya dengan memberikan bantuan kepada puluhan sanggar seni budaya.”Pemerintah terus memperhatikan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Kota Jayapura, seperti memberikan bantuan kepada 50 sanggar seni budaya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jayapura, Bernard Fingkruew di Jayapura, Papua, Sabtu (28/6/2014).
Dia mengatakan, industri kreatif, seni dan budaya yang ada di daerah itu perlu terus didorong, sehingga pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di kota Jayapura bisa terus digali dan bisa berdampak pada peningkatan pemenuhan ekonomi masyarakat.”Pariwisata dan pengembangan ekonomi kreatif harus dikembangkan untuk menjadi nilai jual bagi para turis atau pengunjung yang datang ke Kota Jayapura ini melalui tari-tarian yang dipersembahkan oleh sanggar-sanggar seni budaya yang ada,” katanya.

Sehari sebelumnya, Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat memberikan bantuan kepada 50 sanggar seni budaya yang ada di daerah itu.

Masing-masing sanggar diberikan uang pembinaan sebesar Rp 6 juta dengan sumber dana yang diambil dari Dana Alokasi Umum, dan bantuan tersebut diberikan langsung oleh Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano.

Seperti memperhatikan sanggar-sanggar seni budaya yang ada di Kota Jayapura agar terus tetap eksis mempertahankan seni dan budaya setempat sehingga tidak terkikis dengan kemajuan zaman.

“Jadi bantuan yang diberikan kepada puluhan sanggar seni budaya itu sebagai bentuk pembinaan. Dan ini akan dilakukan secara berkelanjutan tentunya dengan pengawasan,” ujarnya.

Untuk itu, mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pemakaman Kota itu harapkan, bantuan yang diberikan tersebut bisa dipergunakan sebaik mungkin sesuai dengan peruntukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *