Pemkot Palangkaraya diminta maksimalkan sektor pariwisata

Penelitian Pariwisata | Konsultan Pariwisata –Kalangan anggota DPRD Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, meminta pemerintah kota (Pemkot) setempat untuk bisa lebih memaksimalkan pengelolaan potensi bidang pariwisata yang ada di kawasan setempat karena wilayah tersebut memiliki tempat pariwisata dengan daya tarik cukup tinggi. “Kami sangat berharap lokasi-lokasi pariwisata yang ada di kota itu bisa lebih dimaksimalkan dalam pengelolaannya, khususnya para pengelola bisa mengembangkan jasa yang ditawarkan sehingga mengundang daya tarik yang cukup tinggi,” kata Ketua DPRD Palangkaraya Sigit K Yunianto, di Palangkaraya, seperti dikutip dari Antara, Rabu (11/6).

Menurutnya, saat ini pengembangan potensi pariwisata yang ada di Palangkaraya masih pada bidang wisata air, budaya, dan alam. Namun masih tetap perlu pengemasan yang terstruktur dan unik, agar masyarakat yang melihatnya tidak bosan atau menghibur.

Dia mengatakan, selama ini potensi pariwisata Palangkaraya kurang maksimal dalam pengelolaannya secara berkesinambungan, terutama untuk pendapatan asli daerah (PAD). Oleh sebab itulah perlu adanya dukungan dan dorongan dari pihak terkait.

“Saat ini Pemkot sangat gencar dalam melakukan promosi kota Palangkaraya ke daerah lain, sehingga diharapkan hal tersebut bisa memancing para wisatawan lokal atau luar mendatangi kawasan setempat,” ucapnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Palangkaraya, Retno Insiyah mengungkapkan, pemerintah kota harus lebih mengembangkan sektor pariwisata yang ada baik dari segi pengembangan berkelanjutan hingga menarik investor luar untuk bisa bekerjasama di bidang sektor pariwisata pada kawasan setempat.

Retno menilai, Kota Palangkaraya memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan objek wisata yang bersifat sumber daya alam yang natural, misalnya seperti aliran Sungai Kahayan dengan hutan-hutan alami.

“Palangkaraya memiliki banyak sumber daya alam yang bersifat natural. Dan hal tersebut sangat bagus untuk dikembangkan menjadi objek pariwisata,” jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan Palangkaraya juga bisa menjadi kawasan yang terkenal dengan objek wisata alam dan wisata sungainya sampai ke seluruh pelosok dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *