PEMKAB Aceh Didesak Benahi Lokasi Wisata

Konsultan Pariwisata-Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Kabupaten Aceh Selatan, May Fendri SE mendesak Pemkab Aceh Selatan khususnya Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) setempat, untuk segera membenahi prasarana dan sarana di lokasi objek wisata Tapak Aulia di Gampong Lawe Cimanuk, Kecamatan Kluet Timur.  Pasalnya, akibat kondisi jalan yang sulit dilewati kendaraan, membuat wisatawan enggan berkunjung ke lokasi –yang menurut cerita rakyat ada kaitannya dengan Tapak Tuanku Tapa di Kota Tapaktuan itu.

“Dua hari lalu, kami mendampingi mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-raniry yang berwisata di lokasi tersebut. Mereka mengeluhkan kondisi jalan menuju lokasi wisata yang tidak bisa dilewati kendaraan roda empat,” kata May Fendri, Kamis (28/5).

Menurutnya, peluang sektor pariwisata utuk menambah PAD belum digarap serius. Karena pemerintah belum membangun prasarana yang mendukung sektor tersebut, salah satunya jalan yang merupakan sarana pendukung bagi kemajuan sektor wisata. “Pemkab perlu melakukan pembenahan, supaya wisatawan merasa nyaman saat menikmati obyek wisata di Aceh Selatan,” ujarnya.

Untuk mengelola lokasi wisata secara komprehensif, menurutnya, tak cukup hanya dengan mempromosikan obyek wisata tanpa membangun infrastruktur pendukungnya, seperti jalan, musala, toilet, dan fasilitas lainnya.

“Untuk mendorong tercapainya tujuan pengelolaan pariwisata, Bupati Aceh Selatan perlu mencari figur calon Kepala Disbudparpora Kabupaten Aceh Selatan yang gesit, terampil, serta memiliki jaringan dan ide–ide cemerlang dalam mengembangkan sektor wisata Aceh Selatan,” katanya.

“Saya yakin, dengan hidupnya sektor wisata tersebut, suasana Kota Tapaktuan akan terasa lebih hidup, demikian juga dengan pengusaha penginapan/perhotelan, serta rumah makan, juga akan menerima dampak langsung dari meningkatnya jumlah wisatawan yagn datang,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *