Pemerintah Gandeng Microsoft Mempersiapkan Orang Kreatif

Microsoft Indonesia hari ini secara resmi memulai jalinan kerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.  Pihak pemerintah diwakili Ukus Kuswara, Sekretaris Jendral Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan Andreas Diantoro, Presiden Direktur Microsoft Indonesia melakukan Memorandum of Understanding (MoU) “Kita punya banyak Orang Kreatif (OK) dashyat, dan mereka harus unggul dalam menghadapi persaingan di era digital,” kata Menteri Parekraf Mari E. Pangestu, usai menyaksikan penandatanganan MoU, Rabu (12/3/2014).

Menurut Menteri, fondasi daya saing sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mempunyai kesamaan yaitu kualitas sumber daya manusia yang bertumpu pada Orang Kreatif. Keduanya saling menunjang, capaian dalam pengembangan ekonomi kreatif akan meningkatkan daya tarik pariwisata, dan sebaliknya pertumbuhan pariwisata akan membuka pasar yang lebih besar bagi kegiatan ekonomi kreatif.

“Ibaratnya, dua sisi mata uang, tidak bisa dipisahkan,” kata Mari.

Lebih lanjut, Menteri mengatakan, bahwa dari sudut pandang daya saing nasional, Indonesia telah membuat langkah besar dalam beberapa tahun terakhir berkat pembangunan infrastruktur yang luas.

“Kemitraan ini merupakan langkah besar kedepan untuk mewujudkannya dan saya menghargai kelanjutan investasi Microsoft dalam mengembangkan industry kreatif di Indonesia,” kata Mari.

Melalui kerjasamaini, Kemenparekraf akan mendukung program-program Microsoft mengenai perlindunganhak cipta untuk industry kreatif – khususnya untuk sub industri yang bersangkutan dengan pengembanganPiranti Lunak dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Kemenparekraf juga akan melibatkan Microsoft dalam program pendidikan digital literacy untuk para pelaku bisnis di industry kreatif ekonomi dan bersama-sama mendorong tumbuhnya lembaga pendidikan yang mampu mendorong kreatifitas dan innovasi bangsa Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *