Pariwisata Tanpa Seni Budaya Ibarat Makanan Tanpa Garam

Konsultan penelitian Pariwisata – Ketua DPRD Kabupaten Bangka Parulian mengatakan momen budaya seperti perayaan HUT Thai Phak Kung sangatlah baik, dan perlu dilestarikan, karena itu perlu memberikan apresiasi khususnya kepada Ketua Kelenteng Jaya Bhakti Rebo dan para panitianya, sebab tanpa motivasi dan peran koordinasi dari seorang ketua, maka acara ini tidak bisa terlaksana dengan semeriah ini. “Kita ketahui di Desa Rebo ini banyak sekali warga yang sukses, sehingga semua kegiatan ini murni terlaksana dengan bantuan swadaya masyarakat. Makanya saya sepakat momen seperti ini dijadikan aset wisata Kabupaten Bangka. Kita ketahui Kabupaten Bangka ini memiliki alam yang indah, tetapi bila tanpa didorong seni budaya ibaratnya seperti makanan kurang garam, sehingga tidak terasa sedap,” kata Ucok, sapaan akrab Parulian saat ditemui di acara HUT Thai Phak Kung di Kelenteng Jaya Bhakti Rebo, Minggu (2/3/2014) malam.

Dicontohkan Ucok seperti negara Thailand itu terkenal pariwisatanya bisa mendunia berkat kegiatan seni budaya. Mereka bisa menampilkan beragam budaya, bukan hanya budaya warga Thailand itu sendiri, juga budaya China, Melayu, dan juga budaya Indonesia ditampilkan disana.

“Dengan adanya acara seperti ini, bila ada wisatawan seperti dari China kita harapkan bisa betah ke Bangka dengan menghadiri acara ini, karena merasa seperti berada di Little of China atau Chinese Town. Karena itu perlu dimasukan dalam kalender budaya wisata di Kabupaten Bangka ini,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *