Lima Desa di Purworejo Terima PNPM Pariwisata Rp 500 Juta

Konsultan Pariwisata RIPPDA-Sebanyak lima desa di Kabupaten Purworejo akan mendapat bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Pariwisata senilai Rp 500 juta pada tahun 2014. Dana tersebut rencananya digunakan memfasilitasi pengembangan potensi wisata yang terdapat di lima desa. Calon penerima bantuan terdiri atas Desa Tlogoguwo, Somongari dan Kaliharjo di Kecamatan Kaligesng, Karangrejo Loano dan Keburuhan Ngombol. “Dana belum cair, masih dalam proses,” ungkap Lilos Anggorowati Kepala Bidang Pariwisata Dinas Koperasi Perdagangan Perindustrian dan Pariwisata Kabupaten Purworejo, saat ditanya KRjogja.com, Selasa (25/02/2014). Pemanfaatan dana PNPM Pariwisata disesuaikan dengan potensi yang dimiliki desa penerima. Selain itu, untuk memastikan penggunaan yang tepat sasaran, pemerintah bekerjasama dengan konsultan manajemen swasta sebagai tim pendamping desa.

Lilos menambahkan, kucuran bantuan untuk lima desa tersebut sesuai dengan profil potensi wisata yang mereka ajukan. “Dasarnya mereka mengajukan profil potensi wisata dan kami melihat layak dikembangkan. Kemudian diusulkan kepada pusat,” tuturnya.

Berdasar potensi, lanjutnya, Desa Tlogoguwo mengembangkan potensi wisata alam dan budidaya kambing PE Kaligesing. Somongari wisata alam, budaya Jolenan dan sejarah WR Supratman. Kaliharjo mengembangkan wisata alam, agrowisata dan seni budaya. Sementara itu, Desa Karangrejo menjadi Desa Ekowisata dengan potensi hutan rakyat, wisata religi dan seni tradisional, sedangkan Keburuhan mengembangkan objek Pantai Pasir Puncu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *