Kajian Wearable Art Inspirasi Yogyakarta: Integrasi Antara Manusia Dengan beberapa unsur lingkungan dan sosial masyarakat yang dominan

wearable art1Dalam kesimpulan kajian Kajian Wearable Art Inspirasi Yogyakarta yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Yogyakarta bekerjasama dengan PT. Kirana Adhirajasa Indonesia terdapat 2 kesimpulan yaitu, pertama Konsep model Wearable Art Yogyakarta merupakan bentuk integrasi antara manusia dengan beberapa unsur lingkungan dan sosial masyarakat yang dominan. Output model Wearable Art Yogyakarta berupa fashion dalam hal ini adalah produk dan desain serta aksesoris yang memiliki ciri khas Yogyakarta. Sedangkan kedua secara teknis pendekatan proses penciptaan karya-karya wearable art dapat melalui beberapa model kerja, antara lain: karya mandiri perancang busana, kolaboratif, kerjasama antara dua kreator atau lebih, inspirasi atas suatu hasil karya seni yang ada di ranah global dan Nusantara termasuk Yogyakarta: seni rupa, seni musik, seni pertunjukkan, seni tradisi, seni masyarakat,  seni jalanan, seni populer, seni media baru, dan lain sebagainya.

Disampaikan juga beberapa saran/masukan yang dapat dijadikan tambahan ataupun pendukung dalam memaksimalkan dan mengimplementasikan model Wearable Art Yogyakarta, antara lain pertama perlunya sinergitas antara pemerintah dengan para praktisi untuk bersama-sama mengawal dan menjaga model Wearable Art Yogyakarta sebagai salah satu untuk pelestarian budaya Yogyakarta. Dan kedua perlu diselenggarakan event secara berkelanjutan sebagai upaya memperkenalkan dan mempromosikan model Wearable Art Yogyakarta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *