Kajian Kawasan Cagar Budaya Tuk Umbul Warung Boto Yogyakarta

Cover Tuk UmbulPenelitian Pariwisata | Kajian Kawasan Cagar Budaya Tuk Umbul Warung Boto Yogyakarta- Penelitianpariwisata.com (PT Kirana Adhirajasa Indonesia) bekerjasama dengan Bappeda Kota Yogyakarta selenggarakan Kajian Kawasan Cagar Budaya Tuk Umbul Warung Boto Yogyakarta. Kajian ini bertujuan Mengidentifikasi dan menganalis potensi Kawasan Cagar Budaya Tuk Umbul Warungboto untuk dapat lestari dan mampu menjadi daya tarik wisata dan Merumuskan strategi pelestarian dan pengembangan Kawasan Cagar Budaya Tuk Umbul Warungboto yang tepat sehingga dapat lestari dan berkembang sebagai daya tarik.

Sebagai ibukota pemerintahan DIY sejak masa kasultanan. Kota Yogyakarta juga merupakan salah satu Daerah Tujuan Wisata dengan keragaman atraksi dan daya tarik wisata yang tersebar sehingga dijuluki sebagai Kota wisata. Budaya merupakan salah satu daya tarik utama Kota Yogyakarta. Hal itu tidak lepas dari keberadaan Kraton Yogyakarta sebagai salah satu pusat Budaya Jawa Kraton Yogyakarta sekaligus tempat tinggal Sri Sultan Hamengku Buwana  sebagai Raja Yogyakarta beserta keluarganya.

Daya tarik wisata budaya yang dapat dinikmati wisatawan di sekitar atau yang berhubungan dengan Kraton Yogyakarta selain kratonnya itu sendiri adalah Tamansari, Alun-alun selatan, dan beberapa peninggalan bekas pesanggrahan kraton atau keluarga kraton di masa lalu. Salah satu pesanggrahan yang terletak di luar area Kraton Yogyakarta adalah Pesanggrahan Warungboto atau Pesanggrahan Rejowinangun dengan Tuk Umbul di dalamnya. Pesanggrahan ini terletak di Jalan Veteran Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Daya tarik dari pesanggrahan ini selain berupa  situs  reruntuhan  bangunan  serta kolam  mata  air  tawar  yang  oleh masyarakat sekitar dijuluki dengan Tuk Umbul. Oleh karena situs ini berupa reruntuhan dan kondisinya memprihatinkan, maka sebagai upaya pengembangan daya tarik ini perlu perencanaan yang matang dan memperhatikan faktor fisik, sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan yang mempengaruhinya

Kajian Kawasan Cagar Budaya Tuk Umbul Warung Boto Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *