Jalan Rusak Hambat Pengembangan Wisata Deles Indah

Kawasan wisata alam pegunungan, Deles Indah di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten, belum berkembang sesuai harapan. Obyek wisata di lereng Merapi itu belum mampu menyedot pengunjung, apalagi memberikan kontribusi berupa pendapatan asli daerah (PAD) yang memadai. Sebenarnya, kawasan alam pegunungan yang indah itu mempunyai hawa sejuk dan semilir angin yang segar. Namun jalan menuju kawasan dalam kondisi rusak. Tidak seperti layaknya jalan menuju obyek wisata, jalan selalu dipenuhi ratusan truk pengangkut pasir dari kawasan penambangan Kali Woro. Jalannya menjadi rusak dan berdebu, sehingga tidak nyaman. Bila hujan, jalan yang berlubang-lubang akan tergenang air. Perbaikan jalan selalu cepat rusak, akibat banyaknya truk pengangkut pasir dan batu yang lalu lalang sepanjang hari.

Apalagi, truk-truk tersebut selalu kelebihan muatan.

”Banyak faktor yang mempengaruhi daya tarik obyek wisata Deles Indah. Selain pengelolaan yang belum baik, akses jalan menuju lokasi wisata di lereng Merapi belum mendukung. Diperlukan perbaikan jalan, agar wisatawan nyaman menuju Deles,” kata Kasubag TU Dinas Disbudparpora Klaten, Hari Suroso, Senin (13/1).

Untuk mengembangkan Deles Indah perlu peran serta berbagai pihak. Untuk menarik pengunjung perlu dibangun berbagai fasilitas pendukung baru di kawasan tersebut.

Berbagai fasilitas yang ada sudah tidak layak dan tak terurus. Ironis, karena tahun 1990 silam, Deles Indah pernah menjadi kawasan wisata andalan.

”Sayangnya, tahun ini Pemkab Klaten belum mengalokasikan dana untuk pengembangan Deles Indah. Bila dilengkapi fasilitas dan akses jalan menuju lokasi wisata itu diperbaiki, kemungkinan bisa mendatangkan wisatawan. Prospeknya saya yakin cukup menjanjikan,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *