Ini Dia 7 Masalah Utama Pariwisata di Indonesia

Meski berkembang cukup pesat, masih ada beberapa masalah pariwisata yang masih jadi kendala di Indonesia. Sarana, prasarana dan teknologi informasi adalah beberapa di antaranya. Perkembangan pariwisata di Indonesia bisa dibilang pesat. Apalagi pada 2013, jumlah wisman mencapai rekor yakni 8,8 juta orang. Turis domestik juga tak kalah banyak, hampir mencapai 250 juta orang. Namun, setidaknya ada 7 masalah yang masih menjadi hambatan bagi pariwisata di Indonesia. Hal itu dikemukakan Menparekraf Mari Elka Pangestu dalam seminar Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) bertajuk ‘Geo Politik Pariwisata Indonesia 2014 dalam Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015’ di Merlynn Park Hotel, Jl KH Hasyim Ashari, Jakarta Pusat.

“Pertama adalah sarana & prasarana, kemudian SDM. Ketiga, adalah komunikasi & publisitas,” tuturnya pada Rabu (26/2/2014).

Masalah keempat adalah kebijakan & peraturan yang berlaku dalam lingkup negara dan daerah. Kelima adalah teknologi informasi, yang memungkinkan turis mengakses banyak info soal wisata Indonesia.

“Masalah lain adalah kesiapan masyarakat. Terakhir, investasi yang belum banyak berkembang di daerah,” papar Mari.

Investasi dalam hal wisata bisa jadi hotel, restoran, jasa penyewaan transportasi atau peralatan, dan lain-lain. Mari berharap, ketujuh masalah ini bisa diselesaikan secepatnya.

“Ini jadi PR bagi kami (Kemenparekraf), GIPI, dan instansi-instansi pariwisata lainnya,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *