Industri Pariwisata Sambut Baik Pencapresan Jokowi

RIPPDA Konsultan– Industri pariwisata yang tergabung dalam Asosiasi Biro perjalanan wisata, ASITA menyambut baik pencapresan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) yang dinilai akan mampu berkontribusi positif terhadap sektor pariwisata Indonesia. “Ini kabar baik untuk sektor pariwisata di Indonesia,” kata Ketua ASITA Chapter Yogyakarta Edwin Ismedi Himna, Ahad (16/3). Ia mengatakan sosok Jokowi selama ini tergolong dekat dengan para pelaku industri pariwisata. Menurut Edwin, Jokowi juga memiliki kepedulian yang baik terhadap perkembangan dunia pariwisata. “Dia mengerti bagaimana menjual destinasi dan bisa bekerja sama dengan pihak swasta khususnya travel agent,” ujarnya.

Ia mencontohkan, ketika masih menjadi Walikota Solo, Jokowi memiliki sejumlah program yang terbukti mampu mendongkrak pariwisata di wilayah itu. Bahkan kini, saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi tampak lebih concern menjalankan program-program terkait pengembangan pariwisata.

“Dari track record Jokowi di Solo dan juga sampai sekarang di Jakarta,dia sosok pemimpin yang sangat concern dan fokus sekali terhadap perkembangan pariwisata di daerah yang dipimpinnya,” tuturnya.

Deklarasi pencalonan Jokowi sebagai calon presiden oleh PDI Perjuangan mendapatkan respon positif dari para pelaku usaha. Bahkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (14/3) kemarin ditutup melanjutkan penguatan hingga 3,84 persen didorong sentimen politik dalam negeri khususnya saat PDI Perjuangan secara resmi mengumumkan capresnya.

IHSG BEI ditutup menguat sebesar 152,48 poin atau 3,13 persen ke posisi 4.878,64. Sementara indeks 45 saham unggulan (LQ45) juga naik 36,26 poin (4,37 persen) ke level 830,67.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *