Grand Desain Pramuwisata Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018

Banyaknya daya tarik wisata di Provinsi Jawa Tengah berpengaruh secara langsung terhadap jumlah wisatawan yang berkunjung ke Provinsi Jawa Tengah. Dengan jumlah wisatawan yang terus meningkat, maka semakin banyak pula pramuwisata yang dibutuhkan untuk dapat melayani para wisatawan yang berkunjung ke Provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu, kualitas pramuwisata yang ada harus lebih ditingkatkan supaya tingkat kepuasan wisatawan dapat terus meningkat. Salah satunya adalah pemandu wisata atau tour guide, yang akan berhadapan dan berinteraksi langsung dengan para wisatawan.
Kajian ini disusun dengan tujuan mengklasifikasi pramuwisata berdasarkan DPP Provinsi Jawa Tengah, mengetahui gap pramuwisata, proyeksi kebutuhan pranuwisata di masing-masing DPP dan menyusun program kebijakan dan strategi pengembangan kompetensi pramuwisata.
Hasil analisis dari laporan ini adalah menjelaskan terkait dengan profil pramuwisata Jawa Tengah berdasar pada Kajian Pramuwisata Jawa Tengah 2018 disertai dengan tinjauan Pramuwisata di tiap DPP, Gap antara pasar dan ketersediaan pramuwisata serta perhitungan proyeksi kebutuhan pramuwisata di masing-masing DPP di Provinsi Jawa Tengah.

Kata kunci : Jawa Tengah, Pariwisata, Grand Desain Pramuwisata