Entaskan Kemiskinan, Kab Semarang Kembangkan Desa Wisata

Penelitian Pariwisata | Konsultan Pariwisata -Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Semarang terus berupaya mengembangkan desa wisata satu diantaranya melalui program PNPM Mandiri Pariwisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Tahun 2014, ada beberapa desa wisata di Kabupaten Semarang yang menerima dana PNPM Mandiri Pariwisata, di antaranya Desa Nyatnyono Ungaran Timur, Duren Bandungan, Keseneng Sumowono, Kemetul Susukan, Kupang Ambarawa.

Kepala Disporabudpar Kabupaten Semarang, Partono, menjelaskan, tujuan utama program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan, menciptakan lapangan kerja dan usaha masyarakat di bidang pariwisata. Setidaknya, kata dia, dengan adanya pemberdayaan dan kemandirian melalui usaha kepariwisataan ini bisa menanggulangi kemiskinan di masyarakat.

“Program ini adalah salah satu upaya pengungkit ekonomi masyarakat. PNPM Mandiri Pariwisata fokus pada pengembangan desa wisata, karena program ini merupakan program penanggulangan kemiskinan lewat pemberdayaan masyarakat dengan menempatkan masyarakat sebagai subjek pembangunan,” terang Partono, Senin (05/05/2014).

Menurut Partono, bantuan yang diberikan untuk desa wisata sifatnya stimulan, dengan harapan partisipasi masyarakat semakin bertambah sehingga ekonomi kreatif juga meningkat. Untuk pemberdayaan masyarakat, lanjut dia, dilakukan dengan memberikan pelatihan dan fasilitas dengan harapan tujuan program PNPM Mandiri Pariwisata bisa terwujud di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *