Eksplorasi Pariwisata di Bolsel

Konsultan Penelitian Pariwisata-Ekosistem Teluk Tomini merupakan satu di antara 26 kawasan andalan laut nasional. Teluk ini memiliki potensi sumber daya pesisir dan laut yang berlimpah bagi pengembangan wisata bahari dan lumbung pangan nasional. Karena itu daerah ini telah dicanangkan sebagai gerbang minabahari oleh Presiden Megawati tahun 2003 dan menjadi bagian program Percepatan Pembangunan Kawasan Tomini oleh Menteri Negara Percepatan Daerah Tertinggal tahun 2008.

Luas terumbu karangnya 1.031 Ha dan luas hutan Mangrove-nya 785.10 Ha. Di daerah itu juga terdapat Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dengan spesies endemik seperti Tuna Sirip Kuning, Anoa, Babi Rusa, Maleo dan spesies lain yang belum teridentifikasi.

Festival Teluk Tomini ialah festival yang dimaksudkan menggugah kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya ekosistem laut dan pesisir demi meningkatkan produksi perikanan. Kesadaran itu akan menyejahterakan masyarakat. Ekplorasi pariwisata juga bisa menambah penghasilan masyarakat. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *