Disbudpar Bantul Kurang Personel Untuk Urusan Seni dan Budaya

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bantul mengaku kekurangan personel jika mereka harus melakukan restrukturisasi organisasi seperti yang diperintahkan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X untuk pengalokasian anggaran dana keistimewaan DIY. Kepala Disbudpar Bantul, Bambang Legowo mengatakan, saat ini personil di Disbudpar sangat sedikit dan kewalahan jika harus melakukan kewajiban seperti yang diperintahkan dalam Undang-undang Keistimewaan (UUK). Disbudpar Bantul terdiri dari dua bagian, yaitu bagian Pariwisata yang berkonsentrasi dalam pengembangan pariwisata dan bagian Kebudayaan yang berkonsentrasi terhadap pengembangan budaya-budaya di Bantul. “Selama ini kami konsentrasinya di Pariwisata, sehingga alokasi sumber daya manusianya juga ada di bidang pariwisata,” katanya, Jumat (28/2/2014).

Menurutnya, jika harus menambah bagian lain, maka dipastikan harus menambah SDM lagi agar anggaran danais yang ada dapat terserap maksimal. Sebab di bagian Kebudayaan saat ini hanya ada enam orang yang terdiri dari satu Kepala Bagian, dua orang Kepala Seksi dan masing-masing seksi dibantu dua orang staf.

Ia mengungkapkan, selama ini di bidang pengembangan kebudayaan sendiri sebenarnya masih perlu menambah personil cukup banyak. Misalnya, untuk membahas dan mengurusi bidang seni saja memerlukan personil cukup banyak. “Misalnya seni, seni itu macam-macam. Masing-masing seharusnya ditangani oleh satu seksi,” ujarnya.

Namun demikian, untuk melakukan kebijakan tersebut, pihaknya masih menunggu perintah resmi dari pemerintah DIY. Apapun yang diambil oleh pemerintah DIY, Bambang akan mengikutinya sesuai dengan arahan dari mereka.

Sementara itu, Kepala BKD Bantul, Broto Supriyanto mengatakan, jika nanti memang sudah ada keputusan resmi tentang restrukturisasi organisasi di bidang pariwisata dan kebudayaan pihaknya akan segera melaksanakannya. Terkait anggaran belanja pegawai, akan dibahas di kemudian hari. “Kami siap nderek dawuh Ngerso Dalem dan tidak ingin mendahuluinya,” katanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *