BPPI Keluarkan City Map Berteknologi

Konsultan Pariwisata | RIPPDA– Memenuhi kebutuhan informasi wisatawan, terutama dari mancanegara, Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) akan mengeluarkan city map. Peta ini akan meliputi beberapa kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, dan sebagainya. City map didesain atraktif, mengutamakan prinsip visual sehingga memudahkan pengguna dalam mencari informasi dan pengenalan lokasi yang dicari maupun dituju. Lima wilayah plus Kepulauan Seribu yang ada di Provinsi DKI Jakarta, misalnya, dibedakan dengan warna sehingga wisatawan bisa langsung tahu di wilayah bagian mana tempat tujuan wisata yang akan mereka tuju.

Ketua BPPI Yanti Soekamdani mengatakan bahwa desain yang mengutamakan visualisasi dipilih  karena masyarakat sekarang cenderung senang menikmati informasi secara visual. “Menjadi lebih praktis dan mudah,” kata Yanti, dalam siaran persnya, Minggu (8/6/2014).

Melengkapi kebutuhan informasi, city map yang rencananya akan diedarkan akhir Juni 2014 tersebut menggunakan teknologi augmented reality. Setiap gambar bisa dipindai dan akan memunculkan berbagai informasi, seperti video, slide, dan link langsung ke dalam web masing-masing objek, perusahaan, restoran, dan lain-lain yang ditampilkan.

Penggunaan augmented reality didasarkan pada sifat wisatawan muda, dan kenyataan bahwa pengguna smartphone di dunia serta di Indonesia terus meningkat. Data menunjukkan, saat ini pengguna android mencapai 1 miliar sedangkan iOS mencapai 700 juta.

“Kini, kecenderungan digitalisasi informasi kian besar. City map yang kami keluarkan menjawab kebutuhan tersebut,” ujar Yanti.

Untuk tahap awal, BPPI mengeluarkan city map DKI Jakarta, akan disusul kota-kota besar dan wisata lainnya di Indonesia. BBPI menargetkan lima kota besar yang informasinya akan diperbarui  setiap tiga bulan. (

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *