Belu Kaya Akan Obyek Wisata

Propinsi Nusa Tenggara Timur telah menjadikan pariwisata sebagai salah satu leading sektor untuk meningkatkan pendapatan asli masyarakat. Fokus perhatiannya adalah pada obyek-obyek wisata yang tersebar di hampir semua kabupaten. Untuk mendukung pengelolaan obyek yang lebih profesional, maka Bimtek Peningkatan Kapasitas Masyarakat di Destinasi Pariwisata Klaster VI Propinsi NTT mutlak dilakukan. Kasubdit Peningkatan dan Kapasitas Masyarakat Desa pada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Drs. Sarman Pamungkas, MM, kepada wartawan di Hotel King Star, Rabu (26/3/2014),  mengungkapkan, pada prinsipnya pariwisata merupakan salah satu titik perhatian kementerian dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. Pasalnya, negara ini sangat kaya dengan berbagai obyek wisata yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Untuk mengelola obyek yang ada maka Bimtek mutlak dilakukan.

“Salah satu harapan yang terbesar dari kegiatan bimtek ini adalah agar masyarakat bisa mengetahui dengan pasti potensi pariwisata yang ada di daerahnya. Dengan bimtek ini semakin menyadarkan masyarakat untuk bisa berperan aktif dalam meningkatkan potensi pariwisata dan kapasitasnya untuk mengelola destinasi itu,” harapnya.

Asisten Pembangunan Setda Belu, Drs. Marsel Mau Meta,  ketika membuka kegiatan bimtek ini mengemukakan, dalam mengelola potensi pariwisata di setiap daerah, keterlibatan semua stakeholder bidang kepariwisataan menjadi hal yang sangat mutlak. Dengan demikian, kerja sama yang terus menerus akan semakin terjalin, dan potensi pariwisata pun akan terus dikembangkan.

“Saya berangan-angan di waktu-waktu mendatang pariwisata akan menjadi lokomotif utama dlm menggerakan sektor ekonomi di Belu karena obyek wisatanya cukup banyak,” kata Marsel.

Ketua Panitia, Yeanni Lalo, S.H, dalam laporannya mengemukakan, Bimtek  sangat diperlukan untuk menambah pengetahuan dan informasi tentang kepariwisataan di daerah masing-masing khususnya di Kabupaten Belu.

Melalui kegiatan ini juga masyarakat diharapkan tumbuh dan berkembang dalam pengembangan usaha bidang kepariwisataan. Bimtek menghadirkan 70 orang peserta dari berbagai elemen masyarakat dan pelaku pariwisata serta orang-orang muda. Selain bimtek, juga dilaksanakan kegiatan  aksi Sapta Pesona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *