Bappeda Kota Tangsel Genjot Sektor Wisata

Ocean Park Water AdventureBadan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Selatan kini mulai menggenjot sektor wisata yang tersebar luas di kota seluas 14.719 Hektare ini.Kota tangsel yang terdiri dari 7 Kecamatan dengan jumlah total 54 Kelurahan didalamnya, memiliki potensi sumber daya manusia yang cukup produktif, dimana berdasarkan sumber BPS tahun 2013 komposisi penduduk dengan Ijazah SMU : 33.06%, Sarjana, 20,05%, SMP : 18.99%, SD : 16,86% dan tidak berijazah : 11,05%. artinya data tersebut bisa menjadi acuan jika masyarakat dikota tangsel secara umum bisa memberikan kontribusi yang nyata untuk perkembangan wilayahnya, terutama dalam bidang pariwisata.

Menurut Kepala Sub Bidang Evaluasi dan Pelaporan Bappeda Tangsel, Oman Suryaatmaja, Potensi wisata yang menjadi daya tarik bagi wisatawan dalam dan luar negeri bisa dikategorikan pada beberapa segmen wisata, misalnya Wisata alam, Wisata Air, Wisata Kuliner dan Wisata Budaya.

“Kita coba genjot segmen wisata yang ada dikota tangsel, dengan memperbaiki infrastruktur dan SDM untuk pelayanannya,” kata Oman, Selasa (1/12/2015).

Untuk Wisata Alam, Kota Tangsel sudah memiliki Wisata Tanah Tinggal, Kandank Jurank Doank dan Kampung Dongeng. Dalam lokasi tersebut, berbagai kegiatan bisa dilakukan terutama oleh anak-anak mulai dari membuat keramik, Flying Fox, bermain kano dan sebagainya.

Kemudian terdapat pula Wisata Kampung Maen, yang merupakan wisata di Family Park Alam Sutera, Serpong Utara, dalam sarana itu terdapat perpaduan antara dunia pendidikan dan hiburan anak yang disajikan dalam bentuk permainan interaktif. Selain itu, terdapat pula Taman atau Hutan Kota yang juga dimanfaatkan sebagai lokasi rekreasi, seperti Taman Kota I dan II di wilayah BSD, Serpong.

Sementara untuk wisata air, tersebar diberbagai wilayah seperti Family Park Kampung Aer di Alam Sutera, Serpong Utara, Ocean Park di BSD Serpong, Wisata Air Pulau Situ Gintung di Ciputat Timur, dan hampir disemua Kecamatan terdapat Situ-Situ yang dapat dijadikan sarana rekreasi.

“Untuk Wisata Air, khususnya yang berbentuk Situ, hampir disemua Kecamatan memiliki Situ yang bisa dijadikan lokasi wisata, namun beberapa Situ memang harus diperbaiki lagi,” tambahnya

Sedangkan untuk Wisata Kuliner, kota tangsel memiliki beberapa lokasi yang ramai dikunjungi para pecinta kuliner, seperti banyak didapati diwilayah Pamulang, Pondok Aren, Bintaro hingga Alam Sutera dan BSD, beragam restoran dan kafe bisa ditemukan disepanjang jalan tersebut baik sajian tradisional, makanan cepat saji hingga Fine Dining.

Terakhir adalah Wisata Budaya, masyarakat tangsel dikenal memiliki budaya campuran Betawi dan Sunda, dan realitas itulah yang tercermin dalam karakter kesenian masyarakat tangsel.

“Beberapa kesenian yang berkembang sampai saat ini adalah seni musik Gambang Karomong dan Tari Krecek, walau di beberapa daerah masih banyak pelaku kesenian seperti Lenong dan Topeng,” ujarnya.

Berkaitan dengan wisata budaya itu, di kota tangsel banyak ditemukan situs budaya yang mempunyai nilai sejarah, diantaranya Keramat Serpong, Makam Raden Pakpak, Abah Saleh Cipeucang, Keramat Pamulang, Makam Ki Rebo dan Raden Mas Ulung, Jombang Keramat, Sumur Tujuh, Situs Dan Mogot, Makam Pahlawan Seribu Serpong, Tugu Peringatan Cilenggang dan Keramat Tajug.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *