Bandara Internasional Lombok Sumbang Kunjungan Wisman

Penelitian Pariwisata | Konsultan Pariwisata |RIPPDA| RIPOW-Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia mencapai 12.4 persen dengan jumlah tambahan sebanyak 80.215 orang. Hal ini dilihat dari kunjungan wisatawan yang masuk ke pintu bandara, salah satunya Bandara Internasional Lombok (BIL).  Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, pintu masuk BIL menunjukkan keistimewaan karena selama empat bulan terakhir secara berturut-turut mengalami pertumbuhan yang stabil.

“Pertumbuhan kunjungan wisatawan naik mencapai 130 persen,” katanya di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (2/6/2014).

Dirinya menambahkan, hal itu terjadi sejak dimulainya beberapa penerbangan langsung dari Australia. Selain itu, kata dia, pertumbuhan ini juga dilihat dari kunjungan wisman melalui tiga pintu utama, yakni Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Ngurah Rai, dan Batam pada empat bulan pertama, masing-masing sebesar 7,57 persen, 14,84 persen, dan 10,39 persen.

“Selain itu, pertumbuhan tinggi juga terjadi pada pintu masuk Bandara Kualanamu Medan, Makassar, Bandara Adisucipto Yogyakarta, dan Husein Sastranegara Bandung,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *