2014 Banyak Investor Lirik Pariwisata di Gunungkidul dan Kulonprogo

tugu jogjaKabupaten Gunungkidul dan Kulonprogo akan menjadi primadona baru kemajuan pembangunan pariwisata DIY di tahun 2014. Beberapa investor dalam beberapa bulan terakhir mulai tertarik untuk berinvestasi di dua daerah tersebut. Kepala Dinas Pariwisata DIY Tazbir, SH Mhum menilai banyaknya wisatawan yang datang pada Liburan Tahun baru lalu, pihaknya optimis bahwa dua kabupaten itu memang akan menjadi primadona masa depan pariwisata. “Prospek bisnis pariwisata Yogya ke depan akan berada di Gunungkidul dan Kulonprogo. Dua kabupaten itu memiliki modal kuat menjadi penyangga pembangunan pariwisata,” jelas Tazbir, Jumat (3/01).

Dirinya mengaku sangat realisitis dengan kemajuan pariwisata DIY saat ini. Bahkan adanya penghargaan pemerintah pusat melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif masing masing The Most Popular MICE dan The Best Achivement Tourism Award 2014.

“Penghargaan itu makin mengokohkan predikat Yogya sebagai destinasi unggulan yang layak dikunjungi wisatawan,” imbuhnya.

Mengenai banyaknya investor yang mengincar beberapa kawasan wisata di Gunungkidul maupun Kulon progo, dirinya berharap angin segar investasi itu bisa ditingkatkan.

“Masa depan pariwisata DIY memang harus digeser ke selatan. Ini sesuai arahan Pak Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bahwa sudah saatnya kawasan selatan DIY menjadi motor ekonomi dan kemajuan pariwisata,” akunya.

Kalau investor mulai berinvestasi di Gunungkidul dan Kulonprogo jelas tidak salah. sebab dua daerah itu sebentar lagi menjadi syurga pariwisata nasional dan dunia.

“Potensinya kelas dunia mulai wisata adventure, petualangan laut hingga beberapa perusahaan pariwisata siap beroperasi dengan rencana pembangunan bandara baru di Kulonprogo,” ungkap Tazbir.

Selama liburan Natal dan Tahun Baru, kunjungan wisatawan ke Yogyakarta meningkat tajam. Okupansi hotel rata rata 90 persen. Kondisi ini membuat para pengelola hotel dan hiburan di Yogyakarta bisa lega.

Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istidjab M Danunagoro mengungkapkan setiap liburan Natal tahun baru maupun liburan long week end, beberapa obyek wisata di Yogyakarta selalu dipenuhi wisatawan.

“Yogya memang masih menjadi destinasi unggulan khususnya untuk wisatawan keluarga. Namun yang perlu di persiapkan ke depan tentu fasilitas transportasi yang nyaman dan tanpa macet,” tukasnya.(vim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *